Saturday, January 19, 2013

Memeriksa Apa Penyebab Kerusakan Pada Komputer

Memeriksa Apa Penyebab Kerusakan Pada Komputer - Kalau anda mempunyai komputer/pc di rumah mungkin saja mengalami error atau mati total komputer anda, dan anda tidak tahu apa penyebab kok tiba-tiba komputer anda tidak dapat dioperasikan, bagaimana solusinya? Tapi semoga saja tidak terjadi pada komputer anda. Banyak kejadian dari komputer yang tiba-tiba tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, seperti komputer tidak dapat menampilkan gambar (blank) atau tiba-tiba restart sendiri atau tidak dapat booting atau terdengar bunyi beep, beep, beep dan lain-lain.

Memeriksa Apa Penyebab Kerusakan Pada Komputer

Nah sebelum anda membawa ke tempat service komputer, alangkah baiknya anda periksa dan anda pelajari terlebih dahulu apa penyebabnya. Dengan melakukan pengecekan nantinya anda akan mendapat pengalaman tersendiri dalam hal kerusakan komputer.

Langkah Awal Cara Cek Kerusakan Komputer :

1. Cek Pada Monitor
Periksa pada lampu indikator monitor (hidup apa tidak) dan coba juga anda lepaskan kabel VGA monitor, jika pada monitor ada tulisan No Signal Detected, maka sudah jelas komputer anda rusak.

2. Cek Pada Power Supply
Power supply tempatnya di dalam CPU, jadi silahkan buka casingnya, kalau sudah terbuka lalu coba tekan tombol power untuk menghidupkan komputer. Apabila lampu indikator motherboard masih hidup dan kipas di processor masih berputar, maka power supply masih normal.

Nah untuk langkah selanjutnya coba anda bersihkan semua komponen yang ada di motherboard dengan kuas dan electrical contact cleaner, biasanya komponen-komponen yang menempel di motherboard banyak sekali debu atau sarang laba-laba. Lepaskan komponen penting seperti RAM, Processor untuk dibersihkan dari debu, juga pada kipas/fan processor yang banyak terdapat debu. Kalau dirasa sudah bersih semua, selanjutnya anda pasang lagi komponen yang ada copot tadi.

Langkah mendiagnosa kerusakan pada komputer :

Pada umumnya komputer mengalami masalah seperti :
1. Komputer tidak bisa booting, hal ini disebabkan mungkin karena cara memasang kabel harddisk yang kurang tepat / tidak pas.

2. Komputer berbunyi beep, hal ini disebabkan karena cara memasang RAM dan VGA Card yang kurang tepat atau memang sudah rusak karena sering bongkar pasang RAM (elemen dari RAM habis/lepas).

3. Karena tegangan listrik sering turun / anjlok dapat juga sebagai penyebab rusaknya komputer khususnya kerusakan pada motherboard.

4. Kalau komputer mati total dan layar blank, kemungkinan karena RAM dan VGA Card yang rusak dan jika sudah diganti dengan keduanya masih juga belum normal maka kerusakan jelas pada bagian motherboard atau juga karena processor yang rusak.

SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA BERMANFAAT BUAT ANDA

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih Sudah Mengunjungi Blog Sederhana Milik Saya ^_^. Powered by Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More